Jumat, 19 November 2010

kaLo kaMu peduLiii...Buktikan doNg 'MeraH' mu !


Donor darah adalah kegiatan yang sangat mulia,,gx perCaya?..hmm..baca dong nieh yaa bahkan, kalangan ulama mesir menilai aktifitas atau kegiatan donor ini sebagai sedekah paling utama jaman sekarang. Dengan menyumbangkan darah minimal 250cc ajah, kita udah bisa nyelamatin hidung orang. eits..asaLkan darah kita bener-benar aman dan sehat. ya iaalaah..kalo gak sehat dan aman justru sebaliknya, niatnya nyelamatin eh malah nularin penyakit. Soalnya, kegiatan transfudi darah atau pemindahan darah dari seseorang (donor) ke orang lain (resepien) menjadi salah satu pintu masuk segala penyakit yang menular melalui darah. Contohnya aja nih yaa kaya hepatitis B, C, Sifilis, malaria, bahkan HIV loh gx mau kan ketularan.

Makannya, kalo gak sehat, jangan donor darah dulu deh, atau pernah merasa berprilakku resiko tinggi, contohny aja menggunakan narkoba suntik, suka berganti pasangan seks, berpenyakit kelamin, hepatitis, sebaiknya nggak usah donor darah dech,,percuma aja soalnya darah yang di donorkan nggak akan lulus tes danbakalan di buang,,truss,,sebaiknya juga bagi yang berprilaku resiko wajib tes darah untuk mendeteksi penyakit kita mungkin  nggak kita sadari menetap dalam tubuh. Sedini mungkin sudah diketahui dan dapat segera di obati.

Bagi temen-temen yang udah 17 tahun, berat badan min 45, dan fisik sehat (seperti yang udah d jelasin sebelumnya di syarat menjadi donor) kenapa juga mesti nunda donor darah. Dijamin dengan rutin donor, tubuh jadi semakin sehat karena dapat meriksain kesehatan secara teratur. Swbwlum donor, berat badan dan tekanan darah kan diukur, dan kita juga dapat nasihat gratis dari dokter tentang kondisi kesehatan secara umum..hehehe sekalian asas manfaat maksudnya...Untungkan kita, bisa menolong orang sekaligus menyehatkan.

Nggak ada tuh yang namanya donor darah bisa bikin gemuk, tekanan darah tinggi atau ketularan penyakit. Soalnya peralatan di Unit Transfusi Darah (UTD) telah di sterilisasi dari berbagai penyakit dan dapat dipertanggunng jawabkan..So,,ayo dong dOnor...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar