Minggu, 14 November 2010

YAKINKAH ANDA DARAH ANDA AMAN DI DONORKAN???

"Dengan Menyumbang Darah yang sehat, Ketulusan anda lebih sempurna"

Apa itu Donor Darah?
Donor darah adalah suatu kegiatan menyumbangkan darah yang dilakukan secara sukarela dari penyumbang darah untuk tujuan transfusi darah.


Apa itu Transfusi Darah?
Transfusi darah adalah tindakan medis pemberian darah atau produk berbasis darah yang diberikan dalam bentuk kemasan yang memenuhi syarat kesehatan kepada orang yang membutuhkan. Darah ini diberikan setelah melalui pemeriksaan dan pengolahan sesuai dengan prosedur kesehatan.

Apa HIV dan AIDS itu? 
HIV(Human Immunodeficiency Virus) adalah sejenis virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yang menyebabkan tubuh kehilangan daya tahanya sehingga mudah terserang berbagai penyakit.
AIDS(Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kumpulan gejala menurunya sistem kekebalan tubuh yang diakibatkan oleh HIV. Umumnya keadaan AIDS ditandai dengan adanya berbagai infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, parasit ataupun jamur.
bagi orang yang memilki sistem kekebalan tubuh normal, seringkali ganguan organisme tersebut menimbulkan penyakit, tetapi bagi mereka yang terinfeksi HIV, karena sistem kekebalan tubuh lemah menyebabkan penyakit serius hingga akhir kematian.

Teruss Gimana HIV ditularkan?
Jadi gini nieh HIV Hanya bisa ditularkan jika terjadi kontak  dengan seseorang yang positif hiv melalui :
1. Darah
2. Cairan Sperma
3. Cairan Vagina
4. Air Susu Ibu

Naah kalian semua jangan khawatir, HIV tidak akan menular hanya dengan : bersalaman, berpelukan, memakai toilet bersama, berbagi minuman dan makanan bersama atau menggunakan lat akan bersama.

Siapa aja sih yang bisa tertular HIV?
siapa saja bisa terinfeksi HIV tanpa terkecuali. Tapi, ada perilaku yang rentan terhadap penularan HIV diantaranya : suka berhubungan seks tidak aman, pengguna napza suntik dengan jarum yang tidak steril, suka membuat tato, atau petugas kesehatan yang dalam tugasnya berhubungan darah tapi tidak melindungi dirinya (alpa) dengan alat Pelindung Diri (APD) saat bertugas.
Bagaimana dengan Transfusi Darah? Apakah juga beresiko terhadap penularan HIV?
ya,,,bukan cumaHIV tapi juga sifilis, hepatitis B(HBV) dan Hepatitis c(HVC) bisa menularkan kepada penerima transfusi darah apabila tidak sesuai prosedur.
Nah Bagimana Prosedurnya?????
Selama ini UTD melakukan upaya transfusi darah sesuai dengan prosedur  yang ditetapkan Depkes dan WHO (world Health Organization)  untuk menyediakan dan menyalurkan darah yang sehat dan aman.
--> sebelum donor, calon donor harus jawab dengan jujur pertanyaan dalam formulir yang di sediakan.
--> Selanjutnya calon donor akan di timbang berat badan, diperiksa  golongan dan tekanan darah serta kondisi kesehatan secara umum.
--> UTD PMI melakukan uji saring darah (skrining) sesuai standar WHO, untuk mendeteksi antigen atau antibodi yang dihasilkan oleh tubuh sebagai respon atas adanya virus dalam tubuh. dengan proses ini dapat segera diketahui darah yang sehat dan aman digunakan.

Syarat Menjadi Donor Darah
1. Usia 17-60
2. Berat Badan minimal 45 kg
3. kesehatan secara umum baik : tidak demam, batuk, flu dan alergi
4. Tidak sedang haid, hamil atau menyusui
5. tidak memilki penyakit jantung, paru-paru, kanker, tekanan darah tinggi, diabetes melitus, epilepsi, hepatitis B atau C, sifilis dan HIV.



sumber :PMI Pusat/ www.palangmerah.org


created by ecy ntuu desy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar